Tips Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil bagian 1


Agar Tak Tersiksa Sakit Punggung Saat Hamil
pic thinkstock
Perempuan hamil sering merasa sakit pada bagian punggung yang menyiksa sebab bisa mengganggu ibu hamil dalam menjalani kegiatan sehari-harinya. Lantas bagaimana mengatasi sakit punggung ketika hamil ini?

Sekitar 80 persen perempuan akan mengalami nyeri di bagian punggung pada beberapa titik saat masa kehamilan. Tingkat rasa sakit ini mulai dari rasa tidak nyaman ringan sehabis berdiri dalam jangka waktu yang lama sampai rasa sakit yang bisa mengganggu ibu hamil dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Bila hal tersebut terus  dibiarkan, sakit punggung semasa kehamilan juga dapat menimbulkan masalah yang akan terus berlangsung sampai jangka waktu yang lama seusai melahirkan.

Sakit punggung ketika hamil dapat dikarenakan berbagai faktor, contohnya antara lain adalah:

Hormon yang meningkat

Pengaruh dari gravitasi sebab perut yang terus membesar
Berat badan yang bertambah
Postur tubuh atau posisi tubuh yang salah
Stres

Terdapat berbagai cara yang dapat meringankan sakit punggung waktu hamil, yakni:

1. Praktik postur tubuh yang baik
Ketika janin membesar, pusat gravitasi tubuh akan bergeser menuju ke depan. Hal tersebut akan menarik otot-otot yang berada di punggung bawah yang dapat megakibatkan sakit punggung. Jadi cobalah untuk membusungkan pantat ke belakang, tarik bahu Anda , dan berdiri secara lurus serta tinggi.

2. Pijat
Pijat pada bagian tubuh belakang bawah bisa membantu untuk menghilangkan rasa lelah serta sakit otot. Cobalah untuk mencondongkan tubuh Anda ke depan pada sandaran kursi atau coalah untuk berbaring menyamping. Mintalah pasangan Anda untuk memijat dengan lembut otot-otot pada sisi tulang belakang atau terpusat pada bagian punggung bawah.

Bersambung ke Sambungan dari  Tips Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil bagian 2

Sumber
http://health.detik.com/read/2011/06/11/140335/1658215/764/1/agar-tak-tersiksa-sakit-punggung-saat-hamil
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.