Tips Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil bagian 2


Agar Tak Tersiksa Sakit Punggung Saat Hamil
pic thinkstock

Sambungan dari  Tips Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil bagian 1

3. Mandi menggunakan air hangat
Mandi menggunakan air hangat, mengarahkan pancuran air hangat ke punggung atau menempelkan paket bungkusan yang berisi air panas bisa membantu mengatasi nyeri punggung.

4. Tidur dengan posisi menyamping
Saat perut sudah semakin membesar, cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping dengan salah satu lutut ditekuk atau keduanya ditekuk.

5. Meletakkan bantal di bawah perut ketika tidur
Tidur dengan posisi menyamping dengan bantal diletakkan pada bawah perut sudah terbukti bisa meminimalisir rasa nyeri punggung.

6. Duduk dan berdiri secara hati-hati
Kaki sedikit agak ditinggikan. Pilihlah kursi yang bisa mendukung punggung Anda atau tempatkanlah bantal kecil pada belakang punggung bawah.

Sering-seringlah untuk mengganti posisi serta hindari berdiri dalam jangka waktu yang lama. Bila harus berdiri, istirahatkan satu kaki Anda pada bangku yang lebih rendah.

7. Lakukan latihan kekuatan serta latihan stabilitas
Latihan panggul serta Latihan perut bagian bawah dapat membantu anda meminimalisir ketegangan dari kehamilan di punggung Anda.

Caranya sebagai berikut luruskan tangan, punggung, serta lutut sampai sejajar. Tarik napas Anda dalam-dalam lalu saat bernapas keluar, laksanakan latihan dasar panggul serta di waktu yang sama kontraksikan atau tarik pusar Anda kemudian lepaskan. Tahan kontraksi tersebut selama kurang lebih 5 sampai 10 detik tanpa menahan napas serta tanpa menggerakkan punggung. Kemudian di akhir latihan kendurkan otot Anda secara perlahan-lahan.


Sumber
http://health.detik.com/read/2011/06/11/140335/1658215/764/2/agar-tak-tersiksa-sakit-punggung-saat-hamil
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.