Tips Mengatasi Morning Sickness saat Hamil Bagian 2


Tips Mengatasi Morning Sickness saat Hamil
credit pic : essentialbaby.com.au

Melanjutkan Tips Hindari Morning Sickness Ibu Hamil Bagian 1. Beberapa kemungkinan penyebab Morning Sickness lainnya adalah :

Peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) secara cepat saat masa kehamilan. Tapi masih belum diketahui bagaimana hormon human chorionic gonadotropin (hCG) membuat gejala mual serta muntah, yang pasti gejala itu biasanya timbul di waktu yang sama saat level hormon hCG meningkat. Diduga juga estrogen serta beberapa  hormon lainnya memicu gejala mual dan muntah.

Peningkatan tingkat sensitivitas dan indra penciuman terhadap bau yang tajam.
Perempuan muda yang tengah hamil biasanya memiliki perasaan yang aneh serta sensitif terhadap bau-bauan, walaupun dengan jarak yang lumayan jauh. Hal tersebut  mungkin  juga disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen.

Perut yang kacau.
Beberapa sistem pencernaan seorang perempuan cukup sensitif kepada perubahan pada awal-awal kehamilan.

Mungkin Anda pernah mendengar jika morning sickness dikarenakan kekurangan vitamin B. Walaupun wanita hamil yang mengkonsumsi suplemen vitamin B6 memiliki perasaan yang lebih baik serta jarang mengalami gejala mual serta muntah saat kehamilan. Namun hal ini tak berarti wanita hamil kekurangan vitamin B6.
Bahkan, suatu studi malah menunjukkan jika tak ada perbedaan yang signifikan  kadar vitamin B6 antara perempuan yang mengalami morning sickness dengan perempuan hamil yang tak mengalami morning sickness.
Tak ada yang mengetahui kenapa vitamin B6 meminimalisir morning sickness. Beberapa peneliti memberi pernyataan jika gejala morning sickness adalah dampak psikologi serta respons yang abnormal pada stress saat masa kehamilan. Tapi sayangnya, tak terdapat bukti yang kuat untuk mendukung teori tersebut.

Wanita hamil mungkin bisa terkena gejala ini bila mengalami salah satu faktor yang ada di bawah ini:

Hamil bayi kembar atau lebih
Hal tersebut mungkin disebabkan tingkat hormon hCG, estrogen serta hormon yang lainnya lebih banyak yang ada di dalam tubuh. Wanita hamil mungkin akan mengalami gejala mual serta muntah lebih sering dari pada biasanya.
Mempunyai gejala mual serta muntah pada kehamilan sebelumnya.
Mempunyai kebiasaan genetik yang sama dengan saudara perempuan atau ibu mengalami morning sickness juga.

Pernah mempunyai penyakit migrain.
Hamil bayi cewek. Suatu studi menunjukan jika perempuan hamil yang mengalami gejala mual serta muntah, 50%-nya tengah hamil anak perempuan.
Jika memiliki perasaan khawatir gejala morning sickness akan berpengaruh pada bayi Anda, lebih baik Anda menghilangkan pikiran tersebut. Karena gejala morning sickness tak memberi pengaruh pada bayi secara langsung.
Jika berat badan ibu hamil tak bertambah selama trimester pertama, jangan Anda merasa khawatir sebab hal itu masih normal sepanjang Anda tak mengalami dehidrasi serta kelaparan. Umumnya, nafsu makan akan kembali serta berat badan Ibu Hamilpun akan bertambah.

Jika gejala mual membuat Ibu hamil tak nafsu makan, pastikan Anda memperoleh nutrien yang diperlukan dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen bagi wanita hamil. Pilihlah suplemen yang mempunyai dosis besi rendah atau malah tidak ada zat besi bila malah merangsang Anda mual lebih parah.

Gejala mual serta muntah berkepanjangan bisa menimbulkan risiko kelahiran bayi prematur, berat badan bayi rendah serta ukuran kelahiran bayi yang kecil dibandingkan dengan ukuran normalnya.

Lalu benarkah, bila Ibu hamil  tak menderita morning sickness akan cenderung mengalami keguguran? Tidak sama sekali. Benar memang jika berbagai penelitian menunjukkan perempuan yang mengalami keguguran diketahui jarang menderita gejala mual-mual. Namun Anda tak perlu khawatir, di luar sana terdapat banyak perempuan dengan kehamilan normal yang tak mengalami gejala mual dan muntah.
Berikut tips beberapa tips untuk menyembuhkan atau mencegah morning sickness:
Jangan makan atau mencium bau-bau yang sekiranya bisa merangsang terjadinya mual. Jika menurut Anda hampir seluruhnya bisa merangsang, tak apa-apa mengkonsumsi makanan apapun yang dapat merangsang nafsu makan Ibu hamil pada awal-awal kehamilan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang agak dingin, sebab aromanya akan berkurang daripada bila dalam kondisi panas.

Siapkan camilan atau makanan kecil di sebelah tempat tidur anda. Saat Anda bangun, gigitlah beberapa cracker serta istirahat selama kurang lebih 20-30 menit sebelum Anda benar-benar bangun dari tempat tidur. Ngemil bisa bantu Anda memiliki perasaan yang lebih baik bila Ibu hamil terbangun dari mual-mual saat tengah malam.

Makan dalam porsi kecil, makan dalam frekuensi tertentu sepanjang hari dapat membuat perut  ibu hamil untuk tidak kosong. Beberapa perempuan mengatakan jika konsumsi karbohidrat bisa menaikkan nafsu makan ibu hamil saat mual-mual, sebagian lainnya mengatakan jika protein lebih baik untuk menyembuhkan gejala mual.
Jangan mengkonsumsi makanan yang berlemak, yang memerlukan waktu yang  lebih lama untuk dicerna. Juga jangan mengkonsumsi makanan pedas, asam serta makanan yang diolah dengan digoreng yang bisa melukai sistem pencernaan.

Minumlah lebih sering saat makan. Namun jangan terlalu banyak hingga perut Anda penuh air, sebab bisa membuat ibu hamil tak merasa lapar. Strateginya yang bisa anda gunakan minumlah dengan konsisten sepanjang hari. Jika ibu hamil muntah berat, cobalah Anda mengkonsumsi minuman olahraga yang mempunyai kandungan glukosa, garam, serta potasium yang bisa menggantikan peran elektolit tubuh.

Sediakan waktu untuk istirahat yang cukup serta lakukan tidur siang bila Anda dapat melakukannya. Menonton film atau berkunjung ke tempat teman bisa menghilangkan stres serta dapat membuat Anda nyaman.
Cobalah untuk mengkonsumsi minuman jahe atau permen jahe. Teh jahe hangat bisa juga membuat perut Anda terasa nyaman.

Referensi
http://health.detik.com/read/2009/07/10/085526/1162497/764/tips-hindari-morning-sickness-ibu-hamil
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.