Kapan Waktu untuk mengajarkan anak pipis ditoilet

Kapan Waktu untuk mengajarkan anak pipis ditoilet

Kadang beberapa orang tua merasa bingung tentang waktu yang tepat mengajarkan  anaknya mengenai cara pipis di kamar mandi. Karena hal ini tidaklah semua anak memiliki kesiapan yang sama pada seusianya.
Hal ini sangatlah penting bagi para orang tua untuk melihat tanda mengenai kesiapan anak. Pada  umumnya saat anak berumur 18 bulan hinga 24 bulan kesiapan seorang anak akan terlihat, tatapi  meskipun terdapat beberapa anak yang siap pada saat melebihi usia tersebut atau ada juga yang siap sebelum usia tersebut.
Kadang anak perempuan lebih cepat untuk belajar dibandingkan waktu yang belajar yang dibutuhkan anak laki laki. Berikut adalah indikator mengenai kesiapan anak dalam topik ini.
1. Intruksi sederhana bisa diikuti oleh anak tersebut
2. bisa tau tentang pembicaraan orang
3. dapat menjelaskan sesuatu dengan lisan
4. ada ketertarikan tentang menggunakan celana serta toilet
5. dapat melakukan aktifitas ke toilet, dukuk pada toilet, serta dapat menutup toilet setelah selesai.
6. Dapat mengguakan serta mengendalikan kerja otot yang mempunyai tanggung jawab dari sistim ekskresi.
Memberi arahan anak untuk melakukan buang air di toilet bukanlah hal yang mudah. tiga bulan hingga 6 bulan kira kira waktu yang dibutuhkan. Kebanyakan seorang ibu mengajarkan anaknya untuk dapat buang air di toilet pada waktu siang hari, akan tetapi pada malam hari masih memakai pampers. Memerlukan tambahan waktu untuk mengajarkan supaya tidak mengompol lagi.
Tetapi ada beberapa penyebab yang menjadikan pengajaran ini berhenti. Misalkan pindah rumah yang bisa menyebabkan anak harus mulai beradaptasi lagi atau pada saat anak sedang mengalami sakit diare.
Persiapan anak sebaiknya dilakukan sebelum mengajarkan anak tentang cara buang air dikamar mandi.misalkan tentang kata kata yang membahas   kegiatan pada kamar mandi, meminta si anak lapor pada ibunya jika popok yang dipakainya sudah basah dan kotor. Mengamati tingkah anak dan pada saat belajar  menggunakan kursi toilet buat anak. Kalau anak sudah beranjak di usia tiga tahun atu lebih  akan tetapi belum ada tentang tanda tanda, ada baiknya m,engawali diajarkan tentang car buang air besar di toilet.  Hal ini membutuhkan kesabaran untuk para orang tua tentang mengajarkan buah hatinya, karena seorang anak masih mengalami sering lupa untuk lapor pada orang tua kalo sedang merasa ingin buang air.

Sumber
http://health.detik.com/read/2009/09/28/133742/1210302/764/kapan-mengajarkan-anak-pipis-di-toilet
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.