Bolehkah minum air dingin saat hamil?


Bolehkah ibu hamil minum air dingin? Ada yang percaya kalau perempuan yang sedang hamil tak diperbolehkan minum dengan kadaan air yang dingin sebab dapat menyebabkan anak yang di kandungnya menjadi besar. Berikut adalah penjelasannya.

Kadang kadang perempuan menginginkan minuman dingin, apalagi kalau cuaca sedang panas. Bayi yang punya badan besar pada saat lahir bukanlah penyebab dari minum air dingin akan tetapi itu disebabkan karena si ibu yang mempunyai penyakit diabetes dan mungkin itu penyakit turunan.

Seorang ibu yang sedang hamil boleh saja minum air yang dingin, akan tetapi jangan terlalu banyak sebab bagi ibu yang sedang hamil lebih bagus untuk minum air Putih biasa yang cukup supaya tidak mengalami dehidrasi. Pada waktu minum air dingin, maka badan diharuskan bisa membakar kalori atau lemak agar bisa menambah temperature dari air dingin itu.

Kalau seorang ibu dengan sering mengkonsumsi air yang dingin badanya akan bekerja lebih keras serta mengurangi kalori yang ada pada tubuhnya sebab air dingin dalam tubuh harus di seimbangkan sama suhu badan. Bukan arti bayi akan menjadi besar. Sebab air dingin yang dikonsumsi seorang ibu hamil akan tetap bisa dikeluarkan dengan melalui urine.

Yang pasti jangan minum air yang dingin sesudah makan, sebab hal ini dapat menghambat proses pencernaan serta dalam penyerapan makanan yang padat akan lebih lama. Alangkah baiknya seorang ibu hamil mengkonsumsi air hangat sesudah makan.

Untuk bayi yang lahir yang berasal dari seorang ibu yang menderita penyakit kencing manis mempunyai resiko yang lebih dengan keadaan tubuh yang besar pula sehingga bisa mempersulit ibu untuk proses pelahiran. Hal ini bisa terjadi sebab saat kadar gula yang ada pada darah si ibu bertambah, secara otomatis pula bayi akan mempunyai kadar gula yang bertambah. Lebihnya kadar gula ini bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang lebih besar.

Sebab seorang bayi mempunyai asupan tambahan gula, secara otomatis pancreas dari bayi juga mengaalami tambahan insulin. Dan menyebabkan sulitnya bagi bayi untuk menghentikannya insulin pada saat nanti karena berlebihannya itu. Penting untuk seorang ibu yang sedang hamil agar senantiasa mengecek kadar gula pada darahnya semasa hamil dan sampai terlahirnya bayi juga pentingnya untuk memastikan kadar gula yang ada pada bayi agar selalu stabil.

Kalau memang mempunyai penyakit turunan diabetes, sebaiknya mengontrol pola makan supaya tidak menambah kadar gula yang ada dalam darah serta menghindari bayi lahir dengan tubuh yang terlalu besar. Untuk ibu yang sedang hamil tak bermasalah untuk minum air dingin, dengan catatan tidak terlalu bayak, serta jangan menkonsumsi air yang dingin sesudah makan.

sumber
http://health.detik.com/read/2009/11/13/120312/1241133/764/bolehkan-ibu-hamil-minum-air-dingin
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.