Tips Jitu Dalam Menghadapi Rengekan Anak

Terkadang anak yang merengek secara berlebihan membuat orang tua menjadi jengkel. Akhirnya orang tua terpaksa untuk menyerah dan tunduk terhadap kemauan anak, karena orang tua tak tahan untuk mendengar tangisan Anda yang tindakannya bahkan tak untuk dikontrol lagi.

Tindakan mereka itu faktanya salah serta lebih baik untuk tidak dibiasakan. Anak yang selalu dituruti kemauannya melalui rengekan akan tumbuh menjadi Anak yang tak terkendali.

"Anak yang selalu memaksakan kemauannya serta memperoleh apa yang dikehendakinya dari orang tua, Anak tak akan belajar untuk mengendalikan diri mereka sendiri serta akan menjadi Anak yang egois," demikian pernyataan dari pakar psikolog & play therapist, Dra Mayke Tedjasaputra, M.Si pada suatu seminar yang diadakan oleh Blue Band yang berlokasi di SDN Paseban 07 Pagi, pada hari Selasa (28/7/2009).

Memang terasa sedih bila anak harus menangis selama berjam-jam atau bahkan Anak menyakiti diri mereka sendiri di waktu keinginannya tak dituruti oleh orang tua. Namun  janganlah Anda sebagai orang tua tertipu oleh trik si anak.

"Jangan salah, anak kecil itu pandai untuk merayu lo, terutama bila mereka sudah merengek. Anak biasanya berhasil memakai trik tersebut, bahkan Anak kuat untuk menangis selama berjam-jam sampai keinginannya dipenuhi oleh orang tua," ujar Mayke.

Mayke menyatakan jika orang tua kerap tertipu oleh muka memelas si anak, padahal di balik dari muka memelas si anak ada maksud tersembunyi yang lain. Anak saat ini lebih cerdas dibanding orang tuanya, oleh karena itu orang tua tak boleh sampai lengah.

"Saat anak sukses untuk mendapatkan apa yang dimauainya dalam dalam kurun 5 menit merengek, mereka akan memakai teknik itu lagi ke depannya. Tapi bila teknik 5 menit tersebut tak sukses di hari-hari selanjutnya, Anak akan memanjangkan rengekannya bisa menjadi 10, 20 atau 30 menit. Dan saat orang tua sukses ditaklukkan menggunakan rengekan tersebut, mereka akan selalu berpikir jika saya pasti bisa apapun hanya dengan merengek, asal rentang waktunya yang dibuat lebih lama," terang Mayke.

Jika mereka pandai dalam merengek, maka orang tua harus menjadi lebih cerdas lagi dalam menangani anak yang rewel itu. Caranya ialah dengan menggunakan metode mengabaikan rengekan Anak.

"Lebih baik orang tua untuk mengabaikan rengekan mereka, sebab hanya lewat cara itulah anak akan capek dan bosan sebab mereka tak mendapatkan tanggapan dari orang tuanya. Tapi ketika anak berhenti merengek, orang tua harus menjelaskan kepada anak kenapa mereka melaksanakan hal itu serta jelaskan cara-cara yang baik untuk memperoleh kemauannya," jelas Mayke.


Rujukan
http://health.detik.com/read/2009/07/28/164643/1173073/764/jitu-menghadapi-rengekan-anak
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.