Apa Manfaat Olahraga Saat Hamil?


Apa Manfaat Olahraga Saat Hamil
pic : thinkstock

Berolahraga ketika hamil ternyata baik bagi kesehatan ibu. Namun hal tersebut faktanya juga mempunyai efek yang baik untuk janin yang sedang dikandungnya, yakni kesehatan jantung bayi meningkat.

Dalam research sebelumnya telah memperlihatkan jika olahraga saat trimester pertama atau ketika plasenta terbentuk akan membantu untuk membentuk pembuluh darah ekstra sehingga terdapat lebih banyak kesempatan terjadinya pertukaran nutrisi antara sang ibu serta si bayi. Disamping itu olahraga juga membantu dalam mencegah adanya kelebihan berat badan janin.

Berdasarkan hasil penelitianitu, Linda May seorang exercise physiologist and anatomist untuk Kansas City University of Medicine and Biosciences melaksanakan suatu studi untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat  dari berolahraga ketika hamil.

May serta teman-teamannya mengumpulkan hasil pengukuran noninvasif jantung yang diperoleh dari 66 janin ketika usia kehamilan ibunya berada di 28, 32 serta 36 minggu. Beberapa ibu melaksanakan aerobik selama 30 menit setidaknya 3X dalam seminggu, dan  lainnya tak melakukan olahraga.

Lalu peneliti menilai variabilitas (rentang antar detak jantung) serta detak jantung janin. Tingkat variabilitas adalah indikasi kesehatan jantung yang mempunyai hubungan dengan faktor kesehatan secara menyeluruh. Orang Yang memiliki variabilitas meningkat memperlihatkan kerja jantung yang lebih efisien.

Di minggu yang ke 32 kehamilan, terdapat perubahan dalam respons jantung janin dari ibu yang melakukan olahraga. Dan saat minggu yang ke-36 dicatat perubahan yang besar  dan signifkan  yakni detak jantung lebih rendah dan variabilitas detak jantung meningkat.

"Walaupun ibu hanya melaksanakan sedikit latihan, hal ini tetap bisa memberi keuntungan. Namun bila ia melaksanakan olahraga yang lebih, hal itu akan bisa memberikan keuntungan yang lebih pula," ungkap May, yang dikutip dari Healthland.Time, pada hari Senin 18 April 2011.

May mengatakan bahkan tahap pendinginanan (proses akhir dari olahraga) dapat memberikan manfaat sampai bayi lahir. Namun terdapat beberapa hal yang tetap harus diperhatikan oleh ibu hamil sebelum melakukan olahraga supaya tetap aman.

"Ini adalah hasil yang kita lihat dengan nyata, serta olahraga ketika hamil dapat membantu memberikan sang bayi sebuah jantung yang sehat," ujar May.


Sumber
http://health.detik.com/read/2011/04/18/140233/1619746/764/olahraga-saat-hamil-baik-untuk-kesehatan-jantung-bayi
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.