Penjabaran epidermis


Daun mempunyai epidermis yang terletak di bagian permukaannya, baik permukaan bagian atas, yang disebut permukaan adaksial, dan yang terdapat di permukaan bagian bawah, disebut permukaan abaksial.
Sel epidermis biasanya tersusun secara rapat membentuk lapisan yang kompak, tanpa ruang interseluler. Di beberapa jenis tumbuhan, sel-sel epidermis memanjang yang bisa disebut dengan sel panjang. di bagian sebelah atas tulang daun ada sel pendek yang tersusun dari dua tipe sel, yakni sel silika serta sel gabus.

Di epidermis ada hubungan yang putus-putus oleh lubang yang amat kecil. Bagian ini ialah ruang antarsel yang dibatasi dua sel khusus yang bisa disebut dengan sel penjaga. Sel penjaga bersama-sama untuk membentuk stroma. Dengan demikian, stomata tersusun dari sel penutup yang mempunyai kloroplas, sel yang tak mempunyai kloroplas, serta celah stomata.

Stomata mempunyai fungsi dalam penguapan air dan pertukaran gas. Di tumbuhan darat, stomata biasanya terdapat di bagian bawah permukaan daun. Sedangkan, di tumbuhan air, stomata terdapat di bagian permukaan atas daun
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.