Pengertian Mitokondria


Mitokondria ialah benda-benda bulat  atau mempunyai bentuk batang yang mempunyai ukuran di kisaran antara 0,2 μm sampai 5 μm. Jumlahnya berkisar mulai dari hanya beberapa buah saja hingga lebih dari 1000 buah per sel. Sel-sel yg aktif atau sel-sel yg membutuhkan energi yang lebih besar mempunyai mitokondria lebih banyak, contohnya sel hati yg mempunyai kandungan lebih dari 1000 mitokondria.

Tiap-tiap mitokondria terbungkus oleh membran ganda. Membran dalam ataupun membran luar tersusun oleh sebuah lapisan ganda molekul fosfolipid. Membran luar mempunyai sifat licin, sedang membran dalam melipat berulang-ulang jadi lipatan-lipatan yg masuk ke ruang mitokondria hingga membran dalam jadi luas. Lipatan dalam ini, disebut krista.

Di dalam krista ada enzim tuk sistem transmite electron yg cukup penting dalam merubah energi potensial dari bahan makanan jadi energi potensial yang disimpan dalam ATP. Energi ATP ini dipakai oleh sel untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan. Oleh sebab itu, mitokondria cenderung berkumpul pada daerah sel yang teraktif, contohnya adalah sel saraf serta sel otot. Kedua macam sel ini mempunyai kandungan banyak mitokondria, sebab paling aktif terlibat dalam transmisi kontraksi, impuls listrik, serta sekresi.
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.