Pengertian Lisosom




Lisosom ialah struktur yang berbentuk agak bulat serta dibatasi membran tunggal. Diameternya kurang lebih 1,5 μm. Lisosom dihasilkan dari badan golgi yang penuh protein.

Lisosom mempunyai kandungan berbagai jenis enzim yang bisa melaksanakan hidrolisis makromolekul-makromolekul, misal lipid, fosfolipid,polisakarida, asam nukleat, serta protein yang ada pada sel. Enzim-enzim hidrolitik tersebut terkurung dalam lisosom hingga dapat menghalangi mencerna komponen-komponen yang ada dalam sel. bila enzim-enzim hidrolitik tersebut merembes keluar dari lisosom, maka isi sel bisa terhidrolisis. oleh sebab itu, lisosom dapat dinamakan dengan kantung pembunuh diri.

Jika bahan yang ada di dalam sel harus dicerna, mula-mula bahan-bahan tersebut akan digabungkan dengan lisosom, lalu dihidrolisis. Bahan-bahan tersebut ialah struktur subseluler lain, contohnya partikel-partikel makanan, mitokondria yang berhenti berfungsi, atau bakteri merugikan.

Lisosom bisa juga berperan penting dalam menghancurkan sel-sel yang sudah tak mempunyai fungsi lagi. kalau sel luka atau mati, lisosomnya memberi bantuan saat menghancurkannya. contohnya adalah ekor kecebong yang dengan bertahap dihancurkan lisosom.
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.