Pengertian Difusi

Difusi ialah, gerakan molekul dari daerah yang berkonsentrasi tinggi ke daerah lain yang berkonsentrasi lebih rendah yang dikarenakan oleh energi kinetik molekul-molekul. Kecepatan difusi melewati membran sel tergantung dengan perbedaan ukuran molekul, muatan, konsentrasi, daya larut partikel-partikel pada lipid serta suhu.

Biasanya, zat-zat yang larut pada lipid, yakni molekul hidrofobik lebih gampang berdifusi melewati membran daripada molekul hidrofilik. disamping itu, membran sel juga mempunyai sifat permeabel terhadap molekul-molekul kecil yang tak memiliki muatan misal H2O, CO2, serta O2. Pada kondisi yang sama, molekul kecil lebih cepat berdifusi melewati membran sel daripada molekul besar. Difusi sederhana dari molekul hidrofilik dengan besar lebih dari7 - 8 angstrom hampir tak bisa berlangsung sebab terhalang membran sel, namun molekul ini bisa masuk ke dalam sel melalui cara facilitated diffusion atau difusi terbantu.

Difusi terbantu ini tergantung pada sebuah mekanisme transpor khusus dari membran sel seperti permease. Permease ialah sebuah protein membran sel yang memberi jalanuntukion serta molekul polar tak memiliki muatan supaya bisa melintasi dua lapisan lipid hidrofobik dari membran sel. Difusi ADP ke dalam serta ATP keluar dari mitokondria juga membutuhkan difusi terbantu. Pada seluruh proses difusi terbantu, molekul bergerak menuju ke arah gradien konsentrasi.
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.