Pembahasan Jaringan Gabus dan Jaringan kambium



Jaringan Gabus
Sel gabus mempunyai bentuk memanjang serta dinding selnya bergabus. Sel gabus banyak dijumpai pada permukaan luar batang. Cabang serta akar lapisan gabus mempunyai pori-pori, seperti spons yang mempunyai fungsi melindungi organ tanaman terhadap kekeringan.

Lapisan gabus yang tebal ada pada batang yang berusia tua, sel-selnya telah mati, serta protoplasmanya telah hilang sehingga diisi udara. Hal tersebut menyebabkan gabus berubah menjadi ringan. Sel gabus mempunyai kegunaan untuk melindungi organ terhadap gangguan mekanik.

Jaringan kambium
Jaringan kambium adalah jaringan dewasa yang mempunyai sifat aktif membelah atau meristimatis. Di tanaman ada felogen atau kambium gabus. Felogen atau kambium gabus ialah kambium yang terdapat di bawah epidermis batang serta akar yang berusia tua.

Felogen yang bekerja ke arah luar membentuk zat gabus hingga menutupi epidermis yang disebut felem. Felogen yang aktivitasnya ke arah dalam disebut feloderm.

Di antara xilem serta floem atau antara kulit kayu dan kayu, ada kambium fasis atau kambium pembuluh. Kambium fasis ke arah dalam membentuk kayu, sedangkan ke arah luar membentuk kulit kayu. Di saat pertumbuhan, aktivitas kambium ke arah dalam lebih aktif daripada ke arah luar. Hal tersebut menyebabkan kulit kayu lebih tipis dibandingkan dengan kayu. Kambium interfasis ialah kambium yang ada di antara berkas pembuluh dan bisa untuk membentuk jari-jari empulur.
Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Cara Cepat Hamil & Tips Cepat Hamil dari Dr Rodiana Ramli, SpOG All Rights Reserved.